Andalas Cermin adakan Pelatihan Siskeudes versi terbaru di awal tahun baru

Tulang bawang, andalascermin.desa.id – Pengetahuan adalah hasil dari proses perjalanan kehidupan seseorang. Bumi yang berputar pada porosnya, memberi isyarat bahwa pengetahuan ini juga bergerak, alur gerakannya seolah berputar mengikuti roda kehidupan dunia.

llmu pengetahuan senantiasa berkembang setiap waktu, sesuai dengan pergerakan makhluk di Bumi. Tak terkecuali ilmu pengetahuan tentang Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) yang mengalami perubahan versi terbaru yakni pada akhir tahun 2018 lalu. Kendatipun sulit, perubahan tersebut diharapkan dapat menjadi solusi kebaikan sistem keuangan yang ada di setiap desa.

Pada pelatihan yang diadakan di Balai Kampung Andalas Cermin tersebut, setidaknya ada tiga hal yang dapat dibahas bersama yaitu pertama, tentang perubahan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 sebagai pengganti Permendagri 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, pengenalan Siskeudes versi terbaru di tahun 2019, dan laporan petanggungjawaban dari masing-masing kampung.

Sejak adanya ketetapan pergantian Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 sebagai pengganti Permendagri 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, maka aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) otomatis harus disesuaikan. Adapun perubahan tersebut meliputi menu, konten, dan fitur-fiturnya agar sesuai dengan Permendagri.


Oleh karena itu, dipandu oleh Hendri, dan Eko Dihantoro dari kampung Andalas cermin dan kampung Mulyo dadi, kecamatan Rawa Pitu bersama-sama mengadakan pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudesa) se kecamatan Rawa Pitu guna mempermudah melakukan Penyusunan APBDES Tahun Anggaran 2019, sehingga menambah ilmu pengetahuan serta meningkatkan kapasitas dan menunjang skill kinerja para Perangkat Desa se kecamatan Rawa Pitu. Ia mengatakan “hanya ada beberapa perubahan pada versi siskeudes terbaru ini, pasti bisa, ingat, dalam hal ini kita hanya berbagi ilmu tidak berbagi file dalam menyusun RABDes, APBDes” katanya.

Simulasi siskeudes bagi peserta (dokumen desa.id – foto:eri)

Pelatihan Siskeudes bagi semua perangkat desa se kecamatan Rawa Pitu yang dihadiri oleh 23 peserta dari 9 desa tersebut berlangsung selama 3 jam 30 menit yakni dimulai pukul 09: 00 wib hingga 12:30 wib. Kegiatan yang berlangsung dengan tertib tersebut dilaksanakan pada awal tahun 2019 yakni pada hari Kamis tanggal 9 Januari 2019, dihadiri oleh para Operator kampung dan bendahara kampung, serta beberapa kepala kepala kampung yang datang memberi semangat.

Harapannya seluruh aparatur kampung se kecamatan Rawa Pitu tetap solid dan semangat dalam memperbaharui wawasan pengetahuannya tidak hanya terkait sistem pedesaan melainkan juga terus belajar pengetahuan lainnya sehingga memudahkan dalam pelayanan ke pada masyarakat serta maju dalam merealisasikan visi misi kampung, menuju masyarakat yang sejahtera.
(Eri/Acn)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan