Tata Kelola Desa semakin Baik: Kecamatan Rawa Pitu Adakan Pelatihan SISKEUDES

Foto bersama pelatihan siskeudes se-kecamatan Rawa Pitu (dokumen desa andalascermin.desa.id – foto: eri)

Tulangbawang, andalascermin.desa.id – Siskeudes merupakan sebuah aplikasi keuangan desa yang dapat memudahkan desa untuk melaporkan keuangan desa. Demi mewujudkan tata kelola desa yang semakin baik dan terus mengupdate pengetahuan aparatur kampung, kecamatan Rawa Pitu adakan Pelatihan Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Toni Gusliawan selaku inspektur pembantu (irban) wilayah IV sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan siskeudes ini, ia mengatakan dalam sambutannya bahwa “sebagaimana kami dan bapak ibu harus mengupdate pengetahuan, kegiatan ini sangat baik dan perlu ditiru oleh kecamatan lain” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa “proses seperti ini memang harus dilewati tahap demi tahap agar tata kelola kita semakin baik, kalau dulu dengar inspektprat itu musdok atau sering nyalah-nyalahin saja, sekarang berubah ke konsulting-inspektorat berubah paradigma. Jangan berfikiran kedatangan bapak/ibu merepotkan kami, lebih baik merepotkan kami di awal daripada bapak/ibu baru datang ketika ada masalah” tambahnya.

Seluruh peserta ikuti pembukaan dan pelatihan siskeudes hingga selesai (dokumen desa andalascermin.desa.id – foto: eri)

Diikuti oleh 27 undangan yang hadir, terdiri dari kepala kampung, bendahara, dan operator dari masing-masing kampung serta yusman (camat Rawa Pitu), Yen Dahren kepala DPMKK (Dinas Pemberdaya Masyarakat Kampung dan Kelurahan), Syakhbani (kasi pembangunan bidang 1 DPMKK), Dani (Kabid 1 DPMKK, serta Rifki Sandika (staf bidang 1) dan Handayani dari PDKP sebagai pemateri.

Camat Rawa Pitu saat berikan sambutan pada pembukaan pelatihan siskeudes (dokumen desa andalascermin.desa.id – foto: eri)

Kegiatan yang diadakan pada hari Senin tanggal 12 September  2018 di Le’Man hotel, tepatnya di jalan Lintas Timur No. 149, unit II Tulang Bawang, Dalam sambutannya, Yusman menyampaikan harapan “semoga kegiatan pelatihan siskeudes ini nantinya dapat diamalkan di masyarakat dan menjadi ladang pahala bagi kita semua” harapnya.

Jelang pembukaan pelatihan siskeudes (dokumen desa andalascermin.desa.id – foto: eri)

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Yen Dahren selaku Kadis PMKK. Dalam sambutan beliau menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta yang terdiri dari 9 kampung yang ada di kecamatan Rawa Pitu. Adapun kampung-kampung yang menjadi peserta pelatihan terdiri dari :

  1. Kampung Andalas cermin
  2. Kampung batanghari
  3. Kampung mulyodadi
  4. Kampung rawa ragil
  5. Kampung panggung mulyo
  6. Kampung duta yosomulyo
  7. Kampung gedungjaya
  8. Kampung sumber agung
  9. Kampung Bumi sari.

Dalam kesempatan ini juga beliau Yen Dahren menyampaikan apresiasi kepada para peserta yang sudah bekerja keras menyelesaikan dokumen APBDes tahun 2018, serta mengingatkan kepada Desa agar mengelola dana desa sesuai regulasi yang ada.

“aparat kampung untuk senantiasa memanfaatkan kesempatan konsultasi dengan inspektorat supaya mengurangi kesalahan yang lebih besar lagi, kalau dari awal sudah banya konsultasi, paling tidak kekeliruan/ kesalahan secara administrasi itu bisa dihindari, jangan sampai kesalahan administrasi menjadi kesalahan kriminalisasi” katanya.

ia juga menambahkan “kegiatan ini merubah diri kita ke arah yang lebih baik, dan mudah-mudahan keuangan desa dapat dipertanggungjawabkan secara benar, ketika tidak tau harus bertanya” tambahnya.

(eri/ac/18)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan