Bantuan Sosial Rastra 2018 kampung Andalas Cermin Siap disalurkan

Angkutan bansos rastra 2018 tiba di balai kampung Andalas Cermin (dokumen desa andalascermin.desa.id, foto:eri)

Tulangbawang, Andalascermin.desa.id – Bantuan Sosial Rastra untuk kampung Andalas Cermin telah sampai di lokasi tujuan dan siap disalurkan. Tepatnya hari ini (07/08) pengiriman Rastra melalui kendaraan/angkutan bansos sudah ada di Balai kampung Andalas Cermin pada pukul 13:00 wib.

Sebanyak 273 jumlah Kepala Keluarga (KK) dari jumlah keseluruhan yaitu 876 KK yang mendapatkan RASTRA (beRAS sejahTeRa). Mereka yang mendapatkan jatah RASTRA tersebut adalah asli domisili masyarakat Kampung Andalas Cermin, kecamatan Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang.

Proses pengangkutan raskin dari mobi angkutan truk ke dalam balaikampung Andalas Cermin (dokumen desa andalascermin.desa.id, foto:eri)

RASTRA-Beras Sejahtera merupakan pengganti dari RASKIN-beras masyarakat miskin. Adapun pembagian Rastra gratis dengan jumlah yang diterima keluarga miskin atau dalam nomenklatur terbaru disebut keluarga penerima manfaat (KPM), sebanyak 10 kg/KK.

Adapun program bansos Rastra mempunyai tujuan untuk mengurangi beban  penerima manfaat untuk belanja rumah tangga dan menekan angka inflasi, karena pangan merupakan salah satu komponen penyumbang inflasi cukup tinggi. Dalam hal ini pemerintah membantu mencukupi kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras yang kemudian disebut RASKIN.

Rastra sendiri merupakan program dari pemerintah pusat bekerjasama dengan Bulog dan pemerintah daerah. Pemerintah daerah melalui dinas sosial fungsinya hanya memonitor penyaluran beras rastra tersebut. Jumlah data penerima rastra yang tercatat dan hadir hari ini seluruhnya sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan, maksudnya adalah mereka memang yang tergolong masyarakat kurang sejahtera dan rentan.

 

(eri/ac/1)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan