RASTRA untuk 273 KK dibagikan secara Gratis

penyerahan simbolis oleh Rohman petugas PKH(Dinsos) di kampung Andalas Cermin (dokumen desa andalascermin.desa.id – foto:Eri)

Tulangbawang-Sebanyak 273 jumlah Kepala Keluarga (KK) dari jumlah keseluruhan yaitu 876 KK yang mendapatkan RASTRA (beRAS sejahTeRa) telah dibagikan hari ini-sabtu 21 Juli 2018. Pembagian tersebut berlangsung pada pukul 08:00-12:00 WIB. Mereka yang mendapatkan jatah RASTRA tersebut adalah asli domisili masyarakat Kampung Andalas Cermin, kecamatan Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang.

“dari 876 KK, ada 273 KK yang mendapat jatah beras rastra yang akan dibagikan hari ini khususnya di kampung Andalas Cermin ” jelas sekdes Andalas Cermin

Masyarakat yang menerima rastra tersebut berbaris antri di depan halaman Balai kampung Andalas Cermin. Dimana RASTRA-Beras Sejahtera merupakan pengganti dari RASKIN-beras masyarakat miskin. Adapun pembagian Rastra gratis dengan jumlah yang diterima keluarga miskin atau dalam nomenklatur terbaru disebut keluarga penerima manfaat (KPM), sebanyak 10 kg/KK.

Kegembiraan masyarakat kampung Andalas Cermin- penerima beras Rastra (dokumen desa andalascermin.desa.id – foto:Eri)

Program Dinsos Rastra mempunyai tujuan untuk mengurangi beban  penerima manfaat untuk belanja rumah tangga dan menekan angka inflasi, karena pangan merupakan salah satu komponen penyumbang inflasi cukup tinggi. Dalam hal ini pemerintah membantu mencukupi kebutuhan pangan pokok dalam bentuk beras yang kemudian disebut RASKIN.

Untuk membuktikan kevalidan data penduduk yang tercatat sebagai penerima rastra saat pembagian, mereka yang mengambil jatah rastra harus membawa fotocopi KTP dan fotokopi KK untuk disetorkan saat pengambilan sebagai pengecekan dan kesesuaian data 273 KK penerima rastra serta melakukan absensi tanda tangan.

Daftar penerima rastra kampung Andalas Cermin (dokumen desa andalascermin.desa.id – foto:Ipin)

Rastra sendiri merupakan program dari pemerintah pusat bekerjasama dengan Bulog dan pemerintah daerah. Pemerintah daerah melalui dinas sosial fungsinya hanya memonitor penyaluran beras rastra tersebut. Jumlah data penerima rastra yang tercatat dan hadir hari ini seluruhnya sudah sesuai dengan kriteria yang ditentukan, maksudnya adalah mereka memang yang tergolong masyarakat kurang sejahtera dan rentan.

Pemerintah desa mengapresiasi bantuan dari Dinsos tersebut, mereka berharap semoga perbaikan yang dilakukan pemerintah pusat melalui program pembagian Rastra menjadikan masyarakat kampung Andalas Cermin sejahtera secara keseluruhan. aamiin.

(eri-andalascermin.desa.id)

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan