Gotongroyong dan Masa Depan kampung Andalas Cermin

 

Lokasi lapangan utama desa Andalas Cermin (dokumen desa andalascermin.desa.id foto: Eri)

TulangBawang-Gotong-royong adalah suatu kegiatan yang sederhana namun bernilai positif, karena segala bentuk pekerjaan yang berat atau sulit sekalipun akan terasa lebih ringan bila dikerjakan secara bergotongroyong. Kegiatan tersebut juga merupakan realisasi solidaritas sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat di kampung Andalas Cermin.

Gotong royong tampaknya hanya terlihat seperti suatu hal yang mudah dan sederhana,  namun dibalik kesederhanaan tersebut, gotong royong menyimpan berbagai nilai yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat. Saat bergotongroyong seseorang setidaknya bisa merasakan kebersamaan, persatuan, rela berkorban, tolong menolong serta terciptanya silaturahmi yang baik antar masyarakat.

Kerjasama aparatur kampung dan masyarakat (dokumen desa andalascermin.desa.id foto: Eri)

Keragaman masyarakat dalam suku dan karakter kepribadian tentunya sangat wajar bila ada saja sebagian masyarakat yang merasa enggan melakukan gotongroyong bersama, hal tersebut sesuai dengan ketaatan dan kesadaran masyarakat dalam memahami pentingnya gotongroyong sebagai momentum membangun sebuah komunitas-sebut saja kampung kebanggan “Andalas Cermin”.

Tradisi gotongroyong yang sudah ada sejak awal keberadaan masyarakat transmigrasi di kampung Andalas Cermin sendiri (1992) ada beberapa macam bentuk diantaranya gotong-royong dalam aktivitas sehari-hari misalnya: gotongroyong kerjabakti, gotongroyong pada acara resepsi pernikahan atau khitanan, gotongroyong pembangunan rumah, gotongroyong saat terjadi musibah kematian, atau gotongroyong bercocok tanam.

Juheni-kepala kampung Andalas Cermin melalui Sai’ung selaku kaur pemerintahan  menyampaikan bahwa gotongroyong yang terjadi hari ini (20/07) merupakan wujud gotongroyong kerjabakti untuk kampung, gotongroyong tersebut ter-cover dalam agenda rutin “JUMSI –Jum’at Bersih” kampung Andalas Cermin, Rawa Pitu, Kabupaten Tulang Bawang.

“sudah disepakati pak Kanjun, pelaksanann gotongroyong-kerjabakti yang biasanya diadakan tidak menentu karena disesuaikan dengan keperluan desa pada agenda-agenda tertentu, hari ini menjadi awalan-nantinya akan menjadi agenda rutin JUMat berSIh (JUMSI) yang juga merupakan sarana peningkatan kebersihan, kesehatan, keindahan, dan kerapihan pembangunan kampung Andalas Cermin.” Tutur Saiung.

Tebang pilih pohon untuk kerapihan kampung Andalas Cermin (dokumen desa andalascermin.desa.id foto: Eri)

Kegiatan jumsi kali ini diarahkan pada kegiatan kerjabakti tebang pilih pepohonan yang mengganggu keindahan kampung dan pembabatan rumput lapangan, pembabatan lapangan tersebut setidaknya juga sebagai dukungan pemerintah desa Andalas Cermin dalam mendukung kegiatan perkemahan pada bulan Agustus mendatang.

Rencananya pada agenda jumsi berikutnya akan dilakukan khusus pada pembersihan saluran irigasi; sekunder, tersier dan juga siring di masing-masing rumah kediaman warga masyarakat.  Hal tersebut karena nampak terjadi penyumbatan aliran air akibat sampah rumah tangga yang dibuang pada areal irigasi air.

Harapannya kegiatan jumsi ini dapat tercipta rasa kebersamaan dan kekompakan sesama warga desa yang bertujuan untuk kepentingan bersama, serta wilayah kampung menjadi lebih rapih, asri, bersih dan sehat.

(eri/andalascermin.desa.id)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan