Menilik program “Lampung Terang 2019” di desa Andalas Cermin

Andalascermin.desa.id// Kamis, 05 juli 2018 Program Lampung Terang 2019 yang digagas oleh Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo menunjukkan progres yang positif bagi desa Andalas Cermin. Program ini secara bertahap terus dilakukan untuk mengaliri desa-desa yang belum tersentuh jaringan listrik se-kecamatan Rawa Pitu.

Tiang listrik yang selesai terpasang secara keseluruhan di desa Andalas Cermin siang ini, selanjutnya tinggal menunggu terhubungnya aliran listrik melalui kabel listrik dan melakukan pembayaran awal pemasangan sebesar Rp. 2.500.000,00. Petugas PLN yang selesai bertugas memasang tiang Listrik hari ini bergegas lanjut mendirikan tiang-tiang listrik di beberapa desa lainnya di kecamatan Rawa Pitu.

Desa Andalas Cermin merupakan desa terpilih 98 desa program lampung terang 2019. (dok. andalascermin.desa.id // foto:eri)

Selama ini masyarakat desa  Andalas Cermin menggunakan mesin Diesel atau Panel Tenaga Surya sebagai penerangan saat malam hari, sedangkan khusus siang hari hampir tidak ada aktifitas penggunaan energi listrik menggunakan diesel karena hanya dihidupkan saat malam hari, kecuali yang memiliki panel tenaga surya dapat menikmati pemakaian arus listerik saat siang hari, walaupun dengan keterbatasan arus listrik karena tergantung pada intensitas cahaya matahari.

Berdasarkan hal tersebut, khususnya desa Andalas Cermin, seluruh desa di kecamatan Rawa Pitu umumnya yang memiliki permasalahan sama dan sangat butuh penanganan yang serius diantaranya permasalahan air bersih, transportasi jalan yang rusak, dan aliran listrik PLN. Ketiga permasalahan tersebut setidaknya akan mulai terminimalisirkan melalui adanya program lampung terang 2019 yang mulai direalisasikan.

Tiang listrik PLN yang telah berdiri tegak namun belum tersambung kabel listrik. (dok. andalascermin.desa.id // foto:eri)

Walaupun baru tiang listrik yang terpasang, warga masyarakat desa Andalas Cermin setidaknya sudah mulai merasa senang karena memiliki harapan yang lebih optimis bahwa akan ada listrik di desanya.

“sudah melihat tiang listrik yang berdiri saja sudah ayem(damai;senang) buk, walaupun tidak tau kapan listrik akan hidup lampunya”. Papar Dwi, salah seorang warga .

Kehidupan masyarakat di desa Andalas Cermin yang bertahun-tahun dapat hidup normal dan bahagia walaupun tanpa kehadiran aliran arus listrik PLN, segala aktivitas sehari-hari dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya, hal ini bukan berarti kehadiran arus PLN sama sekali tidak berfaidah.

Sangat besar harapan warga masyarakat agar kehadiran arus PLN dapat mempengaruhi kebiasaan masyarakat desa Andalas Cermin yang lebih mandiri, maju dan sejahtera. Bagaimanapun kehadiran arus PLN di desa Andalas Cermin merupakan bukti nyata peran PLN Lampung dalam bersinergi dengan Pemerintah Daerah untuk memajukan Provinsi Lampung agar lebih baik kedepannya.

Terlebih lagi, zaman sekarang hampir tidak ada kegiatan yang tidak membutuhkan tenaga listrik, terutama dalam rangka pembangunan desa baik bidang pemerintahan, pendidikan, maupun kesehatan, demikian  besar harapan kami agar dapat terealisasinya Pemerintah Provinsi Lampung  bersama PLN Lampung dalam mewujudkan Lampung Terang 2019 dengan membangun jaringan listrik untuk 98 desa.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan