Kemana Alokasi Dana Desa Andalas Cermin 2018? Ini jawabannya

 

Andalascermin.desa.id//Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi Desa dan Desa Adat yang ditransfer melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja  Daerah  kabupaten/kota  dan  digunakan  untuk  membiayai  penyelenggaran pemerintahan, pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat, dan kemasyarakatan.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pemerintah mengalokasikan Dana Desa, melalui mekanisme transfer kepada Kabupaten/Kota yang kemudian dialokasikan ke setiap desa.

Dana Desa merupakan program pemerintah pengganti PNPM, namun dengan berlakunya Dana Desa ini, dapat menutup kesempatan beberapa pihak asing untuk menyalurkan dana ke daerah di  Indonesia  dengan  program-program  yang  sebenarnya  juga  dapat  menjadi  pemicu pembangunan daerah.

Dalam rangka memenuhi persyaratan dalam pencairan dana desa tahun 2018, kampung harus menyusun dokumen perencanaan kegiatan pembangunan desa yaitu menyusun RPJMKam, RKPKam, dan APBKam. Tidak sembarangan, Pelaksanaan penyusunan dokumen perencanaan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 114 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Berdasarkan alokasi Dana tersebut, maka tiap Kabupaten/Kota mengalokasikannya ke pada setiap desa berdasarkan  jumlah  desa  dengan  memperhatikan  jumlah  penduduk  (30%),  luas  wilayah (20%), dan angka kemiskinan (50%). Sedangkan dalam penyusunan APBKam harus memenuhi ketentuan bahwa bidang penyelenggaraan pemerintahan kampung tidak boleh melebihi 30 % dari jumlah total pendapatan kampung.

Selain dari pada itu, dalam penyusunan APBKam tahun 2018 harus memenuhi ketentuan dari SKB 4 Menteri mengenai padat karya tunai.Maksudnya dari kegiatan pembangunan dalam APBKam harus memenuhi minimal 30 % dari total anggaran kegiatan pembangunan untuk HOK atau padat karya tunai. Berikut adalah Anggaran Pendapatan dan Belanja Kampung (APBKam) Andalas Cermin, kecamatan Rawa Pitu, kabupaten Tulang Bawang tahun 2018.

  1. Pendapatan kampung Rp. 1.381.876.851
  2. Belanja kampung Rp.1.436.876.851
  3. Pembiayaan Rp. 55.000.000

 

APBKam Andalas Cermin tahun 2018 (dok. Andalascermin.desa.id – foto:ERI)

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan