EKSISTENSI PENCAK SILAT-PSHT RANTING RAWA PITU, SEBAGAI WARISAN BUDAYA BANGSA

PSHT Ranting Rawa Pitu tahun 2018 (dokumen desa andalascermin.desa.id – foto: Musrifin)

Andalascermin.desa.id//Indonesia adalah negara besar dengan beragam budaya, ras, suku, dan agama. Pencak silat merupakan salah satu warisan budaya bangsa yang hingga saat ini masih terjaga keeksistensiannya. Tak ubahnya seperti organisasi PSHT Ranting Rawa Pitu yang mengusung pencak silat sebagai salah satu bagian dari agendanya.

Bertempat di Balai Kampung Andalas Cermin, dalam agenda wajibnya minguu (01/07) Tes putih kecil, yang merupakan tes tingkat akhir dalam tingkatan sabuk di PSHT.

Pos uji 1 asdower (dokumen desa andalascermin.desa.id – foto: Musrifin)

PSHT (Persaudaraan Setia Hati Terate) pada 1922 yang didirikan oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo di Madiun, berkembang pesat di seluruh wilayah Indonesia. Keberadaan PSHT di Ranting Rawa Pitu pada tahun 2002 di Sumber Agung- Rawa Pitu dan 2010 di Andalas Cermin-Rawa Pitu yang kebanyakan diikuti oleh para pemuda/pemudi usia di atas 15 tahun turut mewarnai kebudayaan kampung Andalas Cermin.

Pos uji 2 (dokumen desa andalascermin.desa.id – foto Eri)

PSHT Ranting Rawa Pitu merupakan organisasi silat yang mengedepankan rasa persaudaraan sehingga tidak terbatas pada suku atau usia bagi siapa saja yang ingin bergabung menjadi anggota PSHT. Setahun berjalan, saat ini PSHT Ranting Rawa Pitu diketuai oleh mas Susilo, wakil ketua mas Agus TW, sekertaris mas Musrifin, dan mas Nugroho sebagai bendahara dengan jumlah anggota 200 warga diantaranya 15 % diisi oleh siswa perempuan.

pos uji 4 senam Toya (dokumen desa andalascermin.desa.id – foto: Eri)

Agenda wajib tes kenaikan tingkat hijau ke tingkat putih kecil di mulai pukul 08:00 WIB sd 16:30 WIB yang diikuti oleh 15 anggota dari 9 kampung terdiri dari 5 pos uji. Pos uji ke 1 disebut pos Asdower atau Doweran yang merupakan gerakan dasar pencak silat, pos selanjutnya yaitu pos senaman, pos jurusan, pos senam dan jurus toya, dan pos terahir yaitu ke SH an. Semoga PSHT Ranting Rawa Pitu membawa kabaikan bagi warga kampung Andalas Cermin-Rawa Pitu dan bagi bangsa Indonesia umumnya.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan