Sambut Pesta Demokrasi, Bimtek KPPS Pilgub 2018 di desa Andalas Cermin

Peserta Bimtek KPPS dari masing-masing Skuat TPS. (Dokumen desa andalascermin.desa.id- foto:Rio)

Andalascermin.desa.id//Indonesia-dengan mengusung nilai-nilai demokrasi, menjadikan semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mempengaruhi dan mengubah masa depan kehidupannya.

Demokrasi juga mengizinkan warga negara berpartisipasi secara langsung atau melalui perwakilan, misalnya dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum, mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.

Desa Andalas Cermin dalam upaya mewujudkan masyarakat yang taat akan hukum, melalui penyelenggaraan pemilihan Gubernur Lampung, melakukan pemilu pilgub 2018. Dan demi untuk Menyukseskan Pesta Demokrasi pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung  2018 tersebut, Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Andalas Cermin mengadakan bimtek kedua bagi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Rabu 20 juni 2018 setelah sebelumnya pada bimtek pertama bulan mei 2018.

bimtek ke-1 pada bulan Mei 2018 .(dokumen desa andalascermin.desa.id, foto:Rio)

Kegiatan Bimtek terhadap KPPS wajib dilakukan  KPPS sebagai barisan terdepan dalam pemungutan dan penghitungan suara di TPS dalam Pilgub 2018. Bimtek yang dipimpin oleh Ketua PPS Rina fitriani yang kali ini diwakili oleh bapak Onik bertujuan untuk memberikan gambaran tentang apa yang menjadi tugas dari anggota KPPS.

yang sangat penting bagi seluruh anggota KPPS adalah mengerti tugas dan fungsi dari masing-masing KPPS 1 sampai 7, harus teliti, hati-hati, dan tidak memihak pada salah satu calon” tegasnya.

Dihadiri pula oleh bapak Hendri-sekretariat PPK, menegaskan kegiatan Pilgub 2018 yang semakin dekat membuat semakin padatnya persiapan dalam penyelenggaraan pilgub tersebut, termasuk kesiapan teknis maupun mental bagi para penyelenggara.

“Sebelum hari H berlangsung, seluruh penyelenggara pilgub hendaknya mempersiapkan segalanya, saling solid dan bekerjasama dalam mensukseskan Pilgub 2018, agar pada pesta demokrasi 27 Juni 2018 mendatang semoga berlangsung dengan lancar”. Tegasnya.

Penyampaian materi oleh bapak Hendri (sekretariat PPK) dan bapak Onik (Ketua PPS) kampung Andalas Cermin. (dokumen desa andalascermin.desa.id. foto:Eri)

Bimtek KPPS yang diadakan di balaidesa Andalas Cermin dimulai pada pukul  08:30 sampai dengan pukul 12:00 WIB sesi pertama diisi dengan materi Bimtek sesuai buku panduan KPPS kemudian dilanjutkan sesi kedua yaitu simulasi terkait  pengisian beberapa formulir yang akan digunakan dalam kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dalam Pilgub Lampung 2018.

Desa Andalas Cermin sendiri dibagi menjadi 5 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang masing – masing TPS di isi oleh Tujuh orang anggota KPPS. Menariknya, dari anggota KPPS tahun ini banyak pemuda dan pemudi yang menjadi anggota KPPS. Ada diantaranya yang baru pertama kalinya bergabung, ada pula yang sudah beberapa kali menjadi anggota KPPS. Hal ini mencerminkan bahwa pemuda Desa Andalas Cermin turut berperan aktif dalam memajukan tanah kelahirannya.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan