MCK UMUM TERMEWAH DI KAMPUNG ANDALAS CERMIN

Andalascermin.desa.id-Kamis (10/5) MCK singkatan dari “Mandi, Cuci, Kakus” adalah salah satu sarana fasilitas umum yang digunakan bersama oleh masyarakat umum untuk keperluan mandi, mencuci, dan buang air di lokasi tertentu yang dinilai perlu diadakan. Disebut MCK karena dilihat dari pengertian, dan fungsi dari bagian-bagian MCK itu sendiri.

MCK umum dengan volume ruang: P=10m X L=5m ini adalah sumber dana dari alokasi Dana Desa tahun anggaran 2017 kampung Andalas Cermin. Ruangan MCK yang dirancang khusus, terdapat sumber air bersih, kelengkapan kamar mandi, tempat cuci, kakus atau jamban beserta kegunaannya, dimana masyarakat dapat membuang hajat serta memenuhi kebutuhan fisik, sosial dan psikologis lainnya.

Pemerintah kampung Andalas Cermin kecamatan Rawa Pitu membangun MCK umum yang berada di RK 04 ini bertujuan untuk memudahkan warga dalam melakukan aktifitas MCK, mengurangi pencemaran lingkungan, dan memudahkan ibadah karena letaknya yang tepat berada di samping masjid Al-Muhajirun sehingga bisa digunakan sekaligus sebagai tempat whudlu.

MCK merupakan salah satu sarana yang menunjang kehidupan sosial, budaya serta kesehatan masyarakat, MCK sehat merupakan cerminan lingkungan yang sehat, bersih serta tertata dapat mempengaruhi pola pikir individu untuk lebih memperhatikan lingkungan, menekan polusi udara dan pencemaran ekosistem, dampak positif bagi masyarakat adalah perubahan prilaku, kebiasaan serta budaya manusia di lingkungan umum. Dengan adanya pembangunan MCK umum yang sesuai tata cara perencanaan umum serta menjaga kaidah-kaidah MCK sehat dapat berperan dalam pengendalian lingkungan.

Adapun kriteria keberhasilan dari pembangunan MCK diantaranya yaitu desain, kontruksi dan fasilitas memenuhi kebutuhan masyarakat dan masyarakat merasa puas dengan kualitas dan kuantitas dari MCK yang dibangun. Dalam hal ini MCK Umum Andalas Cermin masuk dalam kategori MCK Umum yang berhasil dibangun.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan