Peringatan Isra’ Mi’raj di kampung Andalas Cermin

Peringatan Isra’ Mi’raj di kampung Andalas Cermin bersama Ustadz Mahmud Zainuri, S.Pd.i

Andalascermin.desa.id-Isra Mi’raj merupakan peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam, dalam peristiwa tersebut Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam mendapat perintah untuk menunaikan salat lima waktu sehari semalam. Perintah sholat dalam perjalanan isra dan mi’raj Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, kemudian menjadi ibadah wajib bagi setiap umat Islam dan memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan ibadah-ibadah wajib lainnya. Sehingga, dalam konteks spiritual-imaniah maupun perspektif rasional-ilmiah, Isra’ Mi’raj merupakan kajian yang tak kunjung kering inspirasi dan hikmahnya bagi kehidupan umat beragama (Islam).

Hikmah-hikmah dari kejadian isra’ mi’raj tersebut menjadi inspirasi pula bagi warga kampung Andalas Cermin untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan melalui kegiatan yang baik dan positif diantaranya tabligh akbar dan lomba-lomba keagamaan.

Peserta saat tampil lomba

Jika seseorang tidak menyibukkan dirinya dengan kebaikan, maka keburukanlah yang akan menyibukkannya dan sebagai seseorang yang telah diberi amanah, sudah menjadi tugas orangtua dan guru untuk  mengarahkan anak-anaknya menjadi lebih baik dalam mengenal agamanya, dengan rasa cinta dan kasih sayang.

Tidak hanya para guru dan orang tua yang turut serta peringati isra’ mi’raj, Inilah sebuah usaha yang mulia, menyibukkan diri dengan hal-hal yang juga bermanfaat bagi anak-anak. Terlebih di usia Sekolah merupakan masa di mana kemampuan otak anak untuk menyerap informasi masih sangat tinggi. Lomba keagamaan anak sholeh tingkat TPA yang merupakan usaha meningkatkan kualitas generasi islam melalui momen peringatan Isro’ Mi’roj.

Sambutan oleh bapak Juheni, kepala kampung Andalas Cermin

Bapak Juheni, selaku kepala kampung Andalas Cermin sangat mengapresiasi dan memberi dukungan penuh atas kegiatan peringatan Isra’ Mi’raj tersebut. Beliau menegaskan dalam sambutannya “bahwa segala macam bentuk upaya kita menimba ilmu adalah bekal untuk memperoleh kekuatan-kesabaran dalam menghadapi ujian hidup”.

Selain seluruh aparatur kampung yang menggerakkan kegiatan peringatan isro’ mi’raj, Kegiatan lomba TPA Al-Muhajirin pada peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Sejak kamis (12/04) hingga Minggu (15/04), dipromotori oleh Ustadz Madro’is sebagai pengasuh TPA Al-Muhajirun dan Ustadz Jamil sebagai Ketua, serta 24 ustadz-ustadzah lainnya. Macam-macam lomba yang diadakan ada 6 macam diantaranya: LCT, lomba Pidato, baca kitab, lomba Adzan, Muhafadhoh Qur’an, dan lomba hafalan do’a-do’a.

Pembagian Hadiah Juara 1, 2, dan 3

Adapun dari 150 jumlah siswa keseluruhan, siswa juara dalam perlombaan adalah sebagai berikut:

JUARA KE- NAMA PESERTA LOMBA TINGKAT/KELAS KETERANGAN LOMBA
1 Dila trisnawati 1 DOA
KAILA ALFIANI LATIFAH 2 DOA
ASYIFA FIRDAYATUS SHOLIHAH 1 MUHAFADHOH
LULU NAFISAH 2 MUHAFADHOH
RAKA MAHBUB ANSORI 3 MUHAFADHOH
SURANTINI 4 MUHAFADHOH
VERI GALIH FERNANDO 3 ADZAN
MIFTAHUL AZIZAH 3 PIDATO
M KHOZIN 4 PIDATO
ELMA YULITA 4 BACA KITAB
TIM WANDA TALIA   LCT
2 SOLEHUDIN NASRULLOH 1 DOA
SYARIFAH PUTRI KHOIRU NISA 2 DOA
UYUNIL A. IZZAH 1 MUHAFADHOH
RIKO PRASETYO 2 MUHAFADHOH
ZULFATUL ASNA 3 MUHAFADHOH
DIAH AYU S.N 4 MUHAFADHOH
A. VEBRIAN 3 ADZAN
DIAH LARASATI 3 PIDATO
SURANTINI 4 PIDATO
M.KHOZIN 4 BACA KITAB
TIM HERNALIA MARISKA   LCT
3 RAYYUNO 1 DOA
DINA AULIA 2 DOA
FAZIRA AZ-ZAHRA 1 MUHAFADHOH
DIKA NUR ALFIANSYAH 2 MUHAFADHOH
M.ELOK SUDANDI 3 MUHAFADHOH
RIKY SAPUTRA 4 MUHAFADHOH
M.ZANDARO HAKIM 3 ADZAN
IJTIDAH SAJDAH 3 PIDATO
RIKI SAPUTRA 4 PIDATO
SURANTINI 4 BACA KITAB
TIM SOLEHUDIN LCT

Antusias warga dalam mengikuti pengajian

Semoga dengan diingatkannya kembali kita dengan peristiwa isra’ mi’raj menjadikan kita semakin  membaguskan kualitas sholat kita karena bagaimanapun sholat merupakan pembeda antara orang mu’min, orang kafir, dan orang munafik, dan sudah tentu sholat akan berat dilaksanakan bagi selain orang yang beriman. “Walaupun hidup seribu tahun kalau tak sholat tiada gunanya”, begitu pentingnya kebutuhan sholat bagi kehidupan kita, untuk itu setiap waktu kita perlu berjuang untuk melaksanakannya dengan kerelaan.

Jangan lupa untuk berdo’a seperti yang ada dalam kitab suci Al-Qur’an surah Ibrahim ayat 40 yang berbunyi : “Rabbiij’alnii muqiimash-shalaati wa min dzurriyyatii rabbanaa wa taqabbal du’aa-(i)” yang artinya “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (Q.S. IBRAHIM: 40)

 

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan