FILOSOFIS JALAN LICIN BERLUMPUR

Andalascermin.desa.id- Tidak ada satu orang pun yang merasa bahagia saat dihadapkan dengan lintasan jalan licin, berlumpur, dan berlubang kecuali misalnya para aktivis lintas alam yang memang menganggap jalan licin, berlumpur dan berlubang  sebagai tantangan tersendiri. Tetapi saat terjebak pada satu lintasan jalan dan terpaksa harus berhadapan dengan jalan licin dan berlumpur tersebut karena memang hanya satu-satunya akses jalan yang harus dilewati menuju sebuah lokasi tertentu, maka seseorang harus tetap melampauinya.

Selain tenaga yang dikeluarkan lebih besar, kendaraan dan pengendara beresiko terkena kotor karena terkena tanah berlumpur, dibutuhkan pula strategi dalam memperkirakan bagian mana jalan licin berlumpur yang memiliki sedikit peluang tergelincir atau terjebak macet karena tertimbun lumpur. Bagaimanapun mental yang kuat dalam menghadapi kesulitan jalan dapat mempermudah saat melintasi.

Tantangan kesulitan melintasi jalan licin berlumpur dan berlubang adalah tantangan yang saat ini seolah memang sedang menjadi jatah yang harus dilewati oleh masyarakat Rawapitu. Maka bagaimanapun kondisinya masyarakat harus tetap melampauinya dengan segenap kemampuannya. Dianggap sebagai pejuang jalan yang gagal apabila hanya karena alasan kondisi jalan yang licin, berlumpur, berlubang, seseorang lantas berdiam diri saja sepanjang waktu di rumahnya tanpa melakukan kegiatan yang berarti. Hendaknya tidak hanya diam dan berkeluh kesah atas kondisi melainkan mergerak memaksimalkan potensi diri, memanfaatkan hambatan menjadi peluang menempa diri menjadi lebih baik.

Tampilan jalan dan proses melewatinya tersebut seperti sebuah permasalahan jatah taqdir yang menuntut kita semua harus melewati kondisi tersebut. Demikianlah salahsatu hikmah yang dapat kita ambil dari perjalanan melewati jalan licin berlumpur, yang terpenting saat seseorang mendapat sebuah permasalahan sebagai cobaan hidup adalah tidak hanya diam, melainkan tetap bertahan tanpa putus asa dan terus berjalan dengan ikhtiar dan doa.

Selamat berjuang para pejuang jalan licin berlubang, selamat berjuang pengemban taqdir kehidupan. Semangat!

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan