MUSREMBANG DESA ANDALAS CERMIN

Andalas Cermin.desa.Id_Rabu 27 Desember 2017 Setiap desa menginginkan kemajuan kualitas desanya baik dari segi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM), oleh karena itu perlu adanya rencana pembangunan desa. Apabila seseorang gagal dalam sebuah perencanaan, hal itu sama artinya dengan merencanakan kegagalan, begitu pula dalam perencanaan pembangunan desa Andalas Cermin.

Desa andalas cermin merupakan desa yang memiliki potensi pertanian yang cukup baik dalam mendukung pembangunan desa, tetapi sarana dan pra sarana desa hingga saat ini proses perbaikannya tidak begitu cepat sehingga tidak maksimal dalam pengolahan potensi pertanian tersebut.

Dalam musyawarah rencana pembangunan (MUSREMBANG) desa, terlihat adanya fokus dan upaya yang mendukung pembangunan desa dari berbagai pihak. Hal itu menunjukkan keselarasan dalam berjuang membangun desa antara pemimpin dan masyarakat desa. Diantaranya adalah kapolsek Rawapitu, dan bapak Suyanto Sekcam Rawapitu, serta pendamping desa dari program gerbang desa yang dengan antusias memberikan sambutan-sambutan terbaiknya.

Musyawarah tersebut dikomandoi oleh bapak Saiung selaku kasi pemerintahan yang didampingi beberapa staf inti desa dan diikuti oleh 72 peserta musyawarah lainnya meliputi staf dan masyarakat umum. Musyawarah bertujuan untuk membahas dan menemukan solusi dari permasalahan desa yang ada guna peningkatan dalam pergerakan melayani warga masyarakat serta mengajak asyarakat ikut berperan aktif dalam pembangunan desa. Masyarakat desa perlu untuk meningkatkan semangat gotong royong, siskampling, dan semangat wirausaha, seperti yang dikatakan bapak Slamet selaku yang mewakili kapolsek rawapitu dalam sambutannya.
Musyawarah adalah sebuah proses, dari musyawarah desa tersebut pembangunan desa dapat di mulai dari bawah artinya dari masyarakat desa sendiri yang kemudian diolah dan diprogramkan serta dikerjakan oleh masyarakat dan bukan diprogramkan dari pusat, hanya saja dalam pendanaan didanai oleh pemerintah pusat melalui dana desa senilai 1,3 ratus juta. Dana kampung dikelola oleh desa sendri 30% digunakan untuk dana upah. Hal ini disebut dengan istilah “swadaya masyarakat” salah satu manfaatnya adalah agar warga masyarakat lebih merasa memiliki setiap bentuk realisasi pembangunan desa dan bersama-sama merawat.

Berikut ini adalah permasalahan desa yang dianggap krusial dan menjadi target utama pembangunan desa Andalas Cermin tahun 2018

  1. Jauhnya jarak tempuh karena jalan yang memutar
  2. Sulitnya mengeluarkan hasil pertanian
  3. Sulitnya beraktifitas saat musim hujan karena jalan licin
  4. Tersumbatnnya saluran air sehingga akses keluar masuk air tidak lancar
  5. Sangat dangkalnya saluran air/siring di setiap jalur sehingga saat musim hujan sering terjadi banjir
  6. Kurangnya kenyamanan masyarakat saat beronda karena tidak layaknya sarana beronda
  7. Ketika beribadah di mushola warga kurang nyaman karena tidak adanya MCK dan tempat wudhu
  8. Kurangnya sarana dan pra sarana berolahraga di setiap dusun
  9. Sangat licin dan becek jalan masuk jalur saat musim hujan
  10. Kurangnya pengetahuan warga tentang pertanian dan peternakan
  11. Kurangnya sarana dan fasilitas TPA

Adapun rencana pembangunan desa andalas cermin tahun 2018 diantaranya meliputi:

  1. Penimbunan Tanah Merah Di Jalur-Jalur
  2. Pembuatan Jembat Plat Beton Antar Dusun
  3. Pembuatan Jembatan Utaha Tani
  4. Penimbunan Sarpres Jalan Utama Anggul Timur Dan Barat
  5. Pembangunan Poskamping
  6. Penyuluhan Pertanian Dan
  7. Pembuatan Mck
  8. Pembuatan Talut Atau Siring Permanen
  9. Pengadaan Sarana Olahraga
  10. Penambahan Gedung Tpa
Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan