SEKOLAH KU “antara Buku dan Sabit”

lapangan tergenang air

Kegiatan potong rumput di lapangan Sekolah

Andalascermin-12 Desember 2017 pasca mengikuti Ulangan Umum Semester ganjil tahun pelajaran 2017-2018 pada tanggal 27 November 2017-4 Desember 2017 siswa siswi SMA NEGERI 1 Rawapitu adakan kerja bakti dengan membawa alat-alat pertanian dari rumahnya masing-masing. Di antara mereka ada yang membawa cangkul atau Sabit, ada pula yang membawa karung bekas kemudian diisi dengan tanah yang kemudian digunakan untuk menimbun jalan yang rusak di sekitar lingkungan sekolah.
Bersekolah di Desa, tidak membawa peralatan sekolah melainkan membawa alat-alat pertanian ke sekolah dalam kegiatan kerja bakti di sekolah merupakan hal yang sudah menjadi tradisi sejak awal didirikannya sekolah- sekolah baik tingkat SD, SMP, maupun SMA saat kegiatan kerja bakti sekolah. Hal tersebut karena faktor kondisi lingkungan sekolah yang memang dibutuhkan alat-alat pertanian dalam pengerjaan kerja bakti sekolah.

Kegiatan kerja bakti di sekolah tidak serta-merta membuat badan terasa letih, hal ini menjadi momentum pembelajaran bagi siswa untuk berlatih dan pembiasaan memiliki sikap kepedulian terhadap lingkungan serta kepekaan sosial. Keberhasilan dalam bekerjasama di sekolah menjadi tolak ukur bagi mereka saat nantinya mereka terjun ke masyarakat membangun peradaban desa kelahirannya.

Andalas Cermin betul-betul menantikan generasi yang bisa menjadi penerus perjuangan para pejuang desa. Bahkan melalui pendidikan kerja bakti sekolah seorang siswa tetap bisa mengambil pelajaran dalam pembentukan karakter diri sebagai ikhtiar menjadi generasi terbaik membangun desa. Jika cita-cita anak desa untuk membangun desanya tersebut diusahakan sejak di bangku sekolah, semoga semakin mendekatkan dan memudahkan pada realisasi cita-cita tersebut. Karena membangun desa tidaklah mudah, selaras dengan apa yang dikatakan direktur program BP2DK bapak Solihin Nurodin “membangun desa itu bukan sesuatu yang sulit walaupun tidak mudah, semangat jiwa primordial dan keseriusan dalam memberikan manfaat untuk tanah kelahiran adalah modal utamanya”

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan