MENGENAL TULANG BAWANG DI PERAIRAN ANDALAS CERMIN

Andalas Cermin_Tidak banyak yang tau tentang sejarah kerajaan Tulang Bawang. Padahal mengenal sejarah adalah salah satu syarat mencintai bangsa ini.

Banyak orang yang berpersepsi bahwa disebut daerah bernama Rawapitu karena memiliki rawa yang berjumlah tujuh rawa, padahal Rawapitu adalah sebuah wilayah yang diapit dengan dua buah sungai yang ada di tulang bawang yaitu sungai Pidada dan sungai Tulang Bawang. Itulah asal nama kata Rawa PITU yang diambil dari awalan kata pi pada kata pidada dan tu pada kata tulang bawang.

Sungai Tulang Bawang yang menjadi penghubung antara desa Andalas Cermin dan desa Gunung Tapa menjadi sarana transportasi air bagi kedua desa. Dengan menggunakan kapal “klotok”, wilayah perairan tersebut dijadikan sarana penyebrangan bagi siapa saja yang ingin menuju daerah Andalas Cermin, gunung Tapa, cakat bata, atau Indolampung.

Walaupun sungai Tulang Bawang terkenal sebagai sungai yang memiliki beberapa jenis binatang Buaya di dalamnya, sungai tersebut tetap terlihat indah di pandangan mata, serta menjadi kebanggaan tersendiri dapat melintas dan menikmati keindahan wilayah sungai Tulang Bawang tersebut.

 

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan