UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMAN 1 RATU

Jum’at 10 November 2017 tepatnya pukul 08:00 WIB siswa-siswa di seluruh sekolah yang ada di kecamatan Rawa Pitu berbeda dari hari biasanya, mereka mendapat intruksi untuk mengenakan seragam Osis dalam rangka mengikuti upacara peringatan hari pahlawan. Tidak hanya siswa yang mendapat intruksi mengenakan seragam tertentu saat mengikuti upacara peringatan hari pahlawan, dewan guru juga dianjurkan memakai seragam korpri.
“Sebuah keterbatasan tidak boleh menjadi pengahmbat dalam mencapai tujuan yang mulia”, demikianlah yang tercermin dari keterbatasan kondisi lapangan sekolah dengan keadaan tekstur timbunan tanah merah yang lengket karena diguyur hujan pada malam harinya. Tanah merah yang membuat sepatu para siswa dan dewan guru menjadi bertambah 2-5 cm lebih tinggi dari permukaan tanah dan semakin tebal tanah yang lengket tersebut sesuai dengan banyaknya langkah kaki yang dibuat. Namun demikian mereka tetap terlihat mengusahakan sebuah konsep kedisiplinan dalam mengikuti upacara.
Bapak Nurdin, SH., selaku kepala sekolah sekaligus pembina dalam upacara tersebut menyampaikan amanatnya secara ringkas dan berisi, beliau menghimbau agar lebih mempererat silaturrahmi, menghindari sikap rasisme dan radikalisme, memperkokoh persatuan, dan memupuk jiwa patriotisme. Cara yang bisa dilakukan dalam menghargai jasa para pahlawan adalah dengan memaksimalkan potensi diri dalam menciptakan karya-karya nyata untuk Indonesia tercinta.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan