“Tuntutlah ilmu walaupun sampai ke negeri Cina”, demikianlah sebaris kalimat falsafah zaman dahulu yang sampai sekarang tetap terekam di ingatan seantero penduduk Indonesia. Kalimat “sampai ke Negeri Cina” tersebut bermakna bahwa dalam menuntut ilmu hendaknya tidak terbatas pada daerah tempat tinggalnya saja, agar tidak seperti “Katak dalam tempurung” tapi juga tidak harus pergi ke Cina tentunya.

وَمَآ أَرۡسَلۡنَٰكَ إِلَّا رَحۡمَةٗ لِّلۡعَٰلَمِينَ ١٠٧

Dan tidaklah kami mengutus kamu melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam (Qs. Al-Ambya’ 107)

15 Oktober 2017 Agenda Tabligh Akbar dan Silaturrahmi ponpes Al-Fatah, Muhajirun, Negararatu, Natar dengan kampung Andalas Cermin, Rawa Pitu, Tulang Bawang merupakan salah satu bentuk realisasi ibadah bagi masyarakat kedua pihak khususnya dan umumnya bagi beberapa kabupaten lain misalnya warga dari Tuba Barat, Lampung Tengah, Pringsewu, dan Lampung Timur, yang juga ikut serta dalam silaturrahmi tersebut.

Silaturrahmi dan tabligh akbar merupakan salah satu ikhtiar menuntut ilmu, dimana menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi siapapun yang bergelar MUSLIM sedangkan hal tersebut disukai oleh Allah, seperti yang telah disampaikan oleh ustadz Ahmad Hasan siang tadi di hadapan seluruh hadirin tabligh akbar diantaranya para tokoh ulama, sesepuh desa, ustadz Mastur, M.Pd.I pimpinan ponpes Al-Fatah beserta para asatid yang mendampingi, tokoh masyarakat, pemuda/pemudi dan para aparatur desa Andalas Cermin termasuk pak lurah Kanjun yang memberikan apresiasi penuh dalam sambutannya menanggapi adanya tabligh akbar dan silaturrahmi dari Ponpes Al- Fatah tersebut, seolah beliau ingin membalas bersilaturrahmi ke ponpes Al- Fatah sekaligus menjadikan ponpes Al- Fatah sebagai salah satu referensi bagi desa Andalas Cermin yang juga memiliki cita-cita mendirikan pondok pesantren di desa tercintanya tersebut sebagai upaya penjagaan generasi muda Desa Andalas Cermin dalam akhlak, pergaulan, dan wawasan keilmuan. Sebuah cita-cita yang luhur semoga segera terealisasikan serta bernilai ibadah. Aamiin.

Perbaikan kualitas sebuah instansi pendidikan tentu terjadi sepanjang perjalanan proses pendidikan itu sendiri, seperti halnya ponpes Al- Fatah yang juga terus berproses menuju kualitas terbaik hingga saat ini. Hadirnya jalinan silaturrahmi ponpes Al- Fatah merupakan pupuk bagi desa Andalas Cermin dalam upaya mewujudkan cita-citanya memiliki ponpes kualitas terbaik.

Ponpes Al- Fatah memang layak menjadi salah satu referensi, bagaimana tidak, kiprah para ustadz ustadzah bahkan para alumninya banyak terbukti mengoptimalkan potensinya di kancah internasional, sebut saja AWG (Aqsa Working Group) yang merupakan tim bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan banyak diantara mereka yang berkiprah mendunia hingga negeri Timur Tengah; MINA (Mi’raj Islamic News Agency ) tim jurnalist kantor berita Islam dunia; juga tim UKHWAH Al-Fatah Rescue yang tanggap darurat dalam setiap agenda-agenda penting ponpes Al-Fatah.

Betapa beruntungnya orang-orang yang gemar menuntut ilmu; betapa bahagianya ia karena akan hilang kebodohan darinya, semakin meninggikan derajatnya, dan dimudahkan jalan menuju Syurga.  Serta selamat atas orang-orang yang rizkinya ditambah, mendapat keberkahan umur,  ialah mereka yang telah melakukan “silaturrahmi”.
@MenujuAndalasCerminLebihBaik.

Facebook Comments

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan